5 Solusi Cerdas Cara Menghemat Pemakaian Listrik AC

5 Solusi Cerdas Cara Menghemat Pemakaian Listrik AC

Tagihan listrik yang melonjak pada dasarnya disebabkan daya listrik yang dipakai AC berlebihan sehingga Anda harus menemukan cara untuk menghemat daya listrik tersebut. Bagaimana caranya? Berikut ini Electronic Solution memiliki 5 solusi cerdas cara menghemat pemakaian listrik AC :

Pilih AC Sesuai Kebutuhan

Ketika kita akan memilih dan membeli AC, maka kita akan diberikan pilihan ‘berapa besaran PK dari AC yang ingin kita beli’. Ketika saya dulu memilih AC, saya mengonsultasikan hal ini dengan pemilik AC. Ukuran AC tergantung dengan ukuran kamar atau ruangan yang akan dipasang AC, dan juga kondisi pencahayaan atau paparan sinar matahari yang mengenai tembok kamar. AC dengan PK terlalu kecil, akan membuat AC tersebut harus bekerja lebih keras sehingga memakan lebih banyak daya. Sementara PK yang terlalu besar akan membuat AC seperti berlebihan dan terbuang sia – sia

Pilih AC Dengan Fitur Hemat Energi
Saat ini sudah banyak fitur pada AC yang mengarah pada penggunaan energi yang lebih hemat. Sebut saja inverter, mode hemat, hingga sensor manusia dan sensor gerak. Dengan demikian, AC dapat bekerja lebih optimal dan sesuai kebutuhan saja.

Jangan Set Suhu Terlalu Dingin
Dari yang saya tahu, semakin dingin AC di set, maka semakin keras pula AC bekerja. Dengan demikian, maka AC akan membutuhkan daya secara terus menerus. Saya sendiri menyetel suhu AC hanya pada kisaran 26 atau 27 derajat, dan itu sudah cukup nyaman untuk membuat si kecil tidur nyenyak.

Bersihkan Perangkat AC Secara Teratur
Sistem AC yang bersih akan membuat aliran udara dan kerja AC lebih ringan, sehingga daya yang dibutuhkan juga semakin sedikit. Menurut beberapa sumber, sistem AC yang terjaga kebersihannya dapat menghemat listrik hingga 20%.

Nyalakan AC Saat Diperlukan Dan Matikan Saat Tidak Diperlukan

Gunakan AC seperlunya, penggunaan AC di saat kita tidak berada dalam ruangan dan tidak diperlukan adalah pemborosan. Gunakanlah timer untuk mematikan sehingga bila Anda tertidur, AC akan tetap mati setelah batas waktu yang ditentukan.

Itu beberapa tips yang mungkin dapat dipraktekkan untuk membuat kerja AC lebih ringan, sehingga konsumsi listrik juga menjadi semakin sedikit. Selamat mempraktekkan dan semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *