5 Tips Mudah Cara Mendapatkan Foto Terbaik Menggunakan Kamera Instax

5 Tips Mudah Cara Mendapatkan Foto Terbaik Menggunakan Kamera Instax

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini kamera instax banyak sekali digunakan oleh  masyarakat, baik itu kaula muda ataupun orang dewasa. Selain bentuknya yang stylist, kamera ini pun sangat mudah untuk digunakan.  

Fujifilm merupakan salah satu brand yang menyediakan beragam pilihan untuk kamera jenis instax ini. Kamera instax ini sangat praktis untuk digunakan karena kita bisa melihat hasilnya secara langsung, sedangkan kamera digital lainnya kita hanya bisa melihat hasilnya di layar kamera ataupun komputer. Jika kita mau memiliki hasil fisik, kita harus datang ke toko cetak foto terdekat.  Namun, harga film polaroid yang di gunakan oleh kamera instax ini, cukup mahal sehingga membuat penggunanya merogoh kocek sedikit dalam, tetapi semua itu sangat sepadan jika kita melihat hasil dari foto tersebut.

Salah satu produk kamera instax yang terkenal memiliki performa bagus, yaitu produk Fujifilm Instax yang memiliki berbagai macam model pilihan, mulai dari landscape maupun portrait. Tak seperti kamera digital, harga film polaroid pun cukup mahal sehingga membuat penggunanya merogoh kocek sedikit dalam

Untuk itu, sebagai pengguna kamera instax Anda harus cukup cermat jika tidak inggin film nya terbuang percuma. Berikut ini Electronic Solution memiliki 5 cara mudah  untuk mengoptimalkan dan mendapatkan hasil foto terbaik dengan menggunakan kamera instax!

1. Lampu Indikator

Jangan meremehkan lampu indikator yang berwarna merah & hijau yang ada pada kamera instax Anda. Kenapa?? Karena lampu ini bertujuan untuk membantu Anda untuk mengetahui apakah kira-kira fokus kamera telah siap untuk menembak objek foto berdasarkan intensitas cahaya.

Jadi, sabar sedikit ya, tunggu sampai lampu indikator berubah warna menjadi hijau, baru dech bisa fokus ambil gambar.

2. Simpan Film di Dalam Lemari Es               

Jika Anda memiliki dan sudah membeli cukup banyak film Polaroid dan ternyata Anda jarang menggunakannya simpan film tersebut di dalam lemari es. Ini akan membuat film Polaroid Anda bisa tahan lebih lama. Selanjutnya jika Anda ingin menggunakan film Polaroid tersebut, ambil film dari lemari es dan diamkan dahulu kurang lebih 1 jam. Setelah 1 jam baru masukkan film ke dalam kamera. Hal ini dilakukan agar film polaroid tidak berdebu sehingga bisa tetap menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

3. Perhatikan Detail Exposure Kamera

Beberapa tipe kamera Polaroid mempunyai detail exposure yang berbeda-beda. Contohnya saja seperti Kamera Fujifilm Instax Mini 9 yang sudah mempunyai pengaturan exposure secara otomatis atau juga bisa diubah menjadi manual. Jadi Anda tidak perlu sulit-sulit untuk mengatur bagaimana cahaya yang masuk. Tetapi ada beberapa kamera Polaroid yang tidak memiliki pengaturan exposure, seperti Polaroid SX-70. Jadi Anda harus bisa mengira-ngira apakah cahaya yang masuk bisa cukup.

4. Pastikan Cahaya Tidak Terlalu Terang dan Terlalu Gelap

Kamera Polaroid ini tidak sama seperti kamera digital atau kamera DSLR biasa. Jadi ketika Anda salah dan tidak percaya diri ketika mengambil gambar, lebih baik diurungkan. Karena ketika sudah terlanjut jepret, tidak bisa diulangi lagi karena hasil photo akan langsung jadi. Maka dari itu lebih baik Anda memastikan apakah cahaya yang masuk itu tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap.

5. Gunakan Close up Lens  

Untuk Anda yang gemar selfie, close up lens merupakan satu satu aksesori paling penting yang wajib Anda miliki. Close up lens yang memiliki kaca untuk mengganti fungsi kamera depan yang biasa ada di smartphone ini dapat disangkutkan di lensa kamera polaroid yang dapat digunakan untuk selfie yang pas dengan wajahmu. Selain itu, bentuk-bentuk close up lens ini lucu-lucu!

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengambil foto dengan menggunakan kamera instax yang baik. Jangan lupa langsung simpan hasil foto agar jadi dengan sempurna ya. Selamat Mencoba!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *