5 Hal yang Perlu di Perhatikan untuk Merawat Drone Agar Awet dan Tahan Lama

drone

5 Hal yang Perlu di Perhatikan untuk Merawat Drone Agar Awet dan Tahan Lama

Drone atau pesawat tanpa awak yang kini menjadi sebuah trend baru bagi kalangan masyarakat Indonesia ini pada awalnya digunakan sebagai alat untuk mengintai musuh saat perang. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi kini drone di gunakan sebagai alat dokumentasi seperti fotografi, pembuatan video atau pun untuk pemetaan suatu wilayah.

Bagi Anda yang ingin memilikinya saat ini Drone telah dijual dengan kisaran harga 1 Jutaan hingga ratusan juta rupiah, Drone telah terjual bebas di pasaran, tak terkecuali di ES.id. Anda bisa menemukan produk Drone dengan mudah di website resmi Electronic Solution tersebut dengan berbagai macam pilihan merk dan kualitas yang berbeda sesuai dengan budget dan keinginan Anda.

Terlepas dari fungsinya, pada dasarnya drone, seperti digital device lainnya, juga butuh perawatan, apalagi drone termasuk perangkat yang komposisi teknisnya cukup kompleks, karena bisa diterbangkan ke udara. Sehingga, perawatan berkala diperlukan agar drone tidak cepat rusak dan jadi awet.

drone

Untuk pemula yang masih belajar menggunakan Drone ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam merawat Drone agar awet dan terhindar dari kerusakan yang membuat Drone tidak berfungsi secara normal. Saat Anda memainkan Drone jangan terlalu terburu-buru untuk menerbangkan, pelajari terlebih dahulu fungsi dan cara bermainya.

Seperti yang telah Anda ketahui saat ini Drone sudah menjadi semacam trend di kalangan anak muda, untuk menunjang hobi dan kesenangan. Mengingat harga dari Drone ini cukup mahal, ada baiknya Anda memberikan perawatan yang baik dan konsisten agar drone yang Anda miliki tetap awet dan tetap memiliki performa yang prima.

Berikut ini Electronic Solution akan memberikan tips tentang 5 hal yang perlu diperhatikan untuk merawat drone agar awet dan tahan lama:

1.Baterai

Jika mengisi baterai, sebaiknya kapasitas juga Anda isi sampai penuh. Hal ini dilakukan agar baterai memiliki daya hidup yang lebih lama. Ketika baterai cepat habis atau waktu pakainya tidak sesuai dengan spesifikasi, mungkin baterai Anda mulai drop.

2.Frame drone

Setelah dipakai, sebaiknya Anda selalu mengecek kondisi fisik drone. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang parah. Jika ada kerusakan pada frame misalnya patah atau bengkok dengan mengeceknya secara berkala akan bisa segera diperbaiki.

3.Baling-baling

Pastikan selalu mengecek kondisi baling-baling sebelum Anda mulai menerbangkan drone. Apabila  menemukan hal yang janggal pada baling baling seperti keadaan melengkung, retak, tidak seimbang, atau lebih parah lagi-patah, ada baiknya segera mengurungkan niat terlebih dahulu untuk menerbangkannya. Jika baling-baling memang tidak bisa diperbaiki, sebaiknya baling-baling diganti dengan yang baru.

4.Motor penggerak

Bagian motor penggerak pada drone ini sering kotor. Hal ini karena adanya debu yang menempel. Sebaiknya motor penggerak ini dibersihkan secara berkala karena debunya bisa menyebabkan gangguan pada pergerakan baling-baling. Bersihkanlah motor agar kinerja baling-baling bisa maksimal.

5.Tempat menyimpan drone

Sebaiknya Anda menyimpan drone di tempat yang jauh serta kering. Keadaan yang lembab atau mengandung air bisa menyebabkan terjadinya korosi di bagian rangkaian panel.

Itulah tadi 5 perawatan sederhana yang akan membuat drone awet bertahun-tahun. Semoga bermanfaat ya!.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *