9 Cara Mengatasi Wifi LOS Merah Secara Mandiri 2023

Electronicsolution.id – Secanggih-canggihnya perangkat elektronik, ia akan mengalami masalah suatu waktu. Seperti halnya lampu merah yang sering berkedip di bagian Loss of Signal (LOS). Lantas, apakah hal itu bisa diperbaiki? Bagaimana cara mengatasi wifi LOS merah? Apa harus panggil tukang service?

Sebagai langkah awal perbaikan, tenang saja. Kamu tidak perlu memanggil tukang service untuk mengatasi hal ini. Melainkan, lampu merah yang berkedip di bagian LOS bisa diatasi secara mandiri terlebih dahulu.

Ketika semua cara sudah dilakukan tetapi tidak berhasil, baru kamu bisa meminta bantuan kepada tukang service untuk menyelesaikan permasalahan ini. Umumnya, permasalahan ini muncul dari fisik Wifi maupun kabel, sehingga mengganggu jalannya sinyal menuju ke perangkat.

Penyebab Wifi LOS Merah

Jika ditelisik apa saja yang menyebabkan wifi LOS merah, banyak sekali faktor yang menjadi dugaan dan mengakibatkan hal tersebut terjadi. Mengingat wifi tidak seperti kipas angin yang ketika dicolokkan langsung bisa terpakai dengan baik.

Melainkan, barang elektronik memiliki berbagai sambungan. Mulai dari tersambung ke listrik, ke pusat, ke perangkat seperti hp, laptop, maupun komputer, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, masalah-masalah tersebut bisa saja disebabkan oleh salah satu dari sambungan yang ada.

1. Kabel Optik Tidak Terpasang dengan Benar

Salah satu faktor yang mungkin menyebabkan wifi LOS merah, bisa jadi karena kabel optik dalam wifi tidak terpasang dengan benar. Kabel optik dalam wifi adalah kabel yang menyediakan layanan internet dengan kecepatan sangat tinggi.

Biasanya, pemasangan kabel optik bisa dikatakan benar ketika kamu mendengar bunyi klik saat mencolokkan. Jika tidak sampai terdengar bunyi klik, kabel akan mudah geser dan lepas, sehingga lampu merah pada LOS akan menyala sebagai informasi kepada pengguna.

2. Kabel ODP Bermasalah

Kabel ODP atau Optical Distribution Point adalah tempat penghentian kabel yang memiliki sifat tahan terhadap korosi di dalamnya. Pun kabel ini juga tahan terhadap cuaca apapun, sehingga tidak akan memantik konslet.

Kabel ODP bermasalah biasanya karena kabel tidak sengaja tersenggol oleh teknisi ketika mereka memasang kabel milik pelanggan baru. Mengingat letak kabel berada di tiang masing-masing penyedia layanan. Dengan begitu untuk menyelesaikan masalah ini, hubungi pusat layanan terkait.

3. Konfigurasi Tidak Sesuai

Setiap wifi memiliki konfigurasi pemasangan sesuai dengan standard yang berlaku. Maka ketika kabel tidak dipasang sesuai dengan standard, hal itu bisa menyebabkan sinyal yang masuk jadi terhambat dan perangkatmu tidak terhubung ke internet. Oleh karena itu, kemudian lampu merah menyala.

4. Kabel Power Kurang Kencang

Pun setiap kabel juga harus dipastikan jika sudah terpasang dengan baik dan kencang untuk menghindari kabel terlepas karena senggolan angin atau hewan-hewan di dalam rumah. Mengingat jika kabel power kurang kencang, hal itu akan menyebabkan warna merah pada LOS menyala.

5. Gangguan Teknis dari Pusat

Apabila dirasa semua kabel tidak memiliki gangguan dan semua perangkat yang digunakan baik-baik saja, bisa jadi munculnya lampu berwarna merah di bagian LOS karena ada gangguan teknis dari pusat. Biasanya, mereka memutuskan sambungan karena faktor cuaca atau bencana.

Bagaimana Cara Mengatasi Wifi LOS Merah Secara Mandiri?

Setelah mengetahui penyebab apa saja yang bisa menyebabkan wifi berwarna merah di bagian LOS, berikut solusi-solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Cara-cara di bawah ini bisa dilakukan untuk seluruh layanan wifi yang tersedia.

1. Tunggu Beberapa Menit

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah wifi LOS merah itu adalah dengan menunggunya beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk menangani proses yang belum selesai ketika kamu akan menggunakan jaringan dari wifi tersebut.

2. Cek Redaman Kabel

Jika dalam waktu beberapa menit wifi LOS merah tidak bisa teratasi, cek redaman kabel yang ada. Redaman kabel adalah kabel yang mengalirkan sinyal dari pemancar ke penerima. Sebab bisa saja, kabel tersebut mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa mengalirkan sinyal.

Pun setiap layanan wifi memiliki cara yang berbeda-beda untuk melihat redaman kabel. Tergantung dari layanan yang digunakan. Bagi kamu yang menggunakan layanan IndiHome, bisa mencoba cek redaman kabel dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Login Admin IndiHome
  • Klik ‘status
  • Pilih ‘optical information
  • Nilai redaman kabel bisa dicek di bagian ‘RX Optical Power

3. Periksa Semua Kabel yang Ada

Apabila redaman kabel sudah bisa dipastikan tidak ada yang cacat, cek kabel secara keseluruhan. Barangkali ada bagian-bagian kabel yang mengelupas, terputus, leleh, ataupun rusak. Jika memang begitu, berarti kabel-kabel tersebut harus diganti.

4. Cabut Kabel

Cara mengatasi wifi LOS merah lainnya, bisa juga dengan mencabut semua kabel terlebih dahulu. Untuk menghentikan kerja semua perangkat yang saling terhubung satu sama lain. Tunggu selama 10 hingga 15 menit agar perangkat wifi beristirahat. Terlebih jika suhu wifi naik.

Setelah itu, baru hubungkan semua kabel. Pastikan kabel-kabel yang ada, terpasang dengan baik dan benar. Mengingat jika ada kabel yang tidak terhubung dengan benar, bisa menyebabkan kabel geser dan akhirnya terlepas. Sementara wifi bakal memberikan informasi LOS merah lagi.

5. Cek IP Address

Jika semua upaya dasar telah dilakukan dan perangkat laptop, komputer, atau hp juga tidak bisa terhubung dengan wifi, cek IP Address wifi terlebih dahulu. Barangkali ada nama wifi yang sama dan kamu salah menyambungkan perangkat ke wifi orang lain.

Biasanya, IP Address wifi bisa dilihat melalui pengaturan. Namun hal ini bisa berbeda antara satu layanan dan layanan lainnya. Bagi kamu yang menggunakan layanan wifi MyRepublic, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa IP Address.

  • Hubungkan ponsel atau laptop ke jaringan wifi
  • Masukkan IP 192.168.5.1 di bagian peramban perangkat
  • Masukkan username dan password dengan kata admin
  • Klik kolom ‘login
  • IP Address bisa dicek di bagian ‘Internet Access

6. Mulai Ulang Router atau Wifi

Memulai ulang router atau wifi juga terkadang dapat bantu mengatasi wifi LOS merah yang sering terjadi dalam semua layanan. Maka, memulai ulang atau restart semua perangkat-perangkat yang terkoneksi bisa jadi solusi. Cara restartnya pun gampang. Bisa dilakukan sendiri.

  • Cari tempat router
  • Cabut kabel power
  • Diamkan beberapa menit
  • Pasang kembali kabel power
  • Tunggu router sampai siap dioperasikan
  • Coba tes sinyal wifi

7. Kembali ke Pengaturan Default

Pengaturan wifi yang sering diubah-ubah juga bisa membuat koneksi terganggu. Oleh karena itu, mengembalikan pengaturan ke pengaturan bawaan atau default bisa menjadi salah satu solusi yang baik. Setelah itu, lihat apakah masalah itu teratasi atau tidak.

8. Lepas Sambungan Patch Cord

Patch Cord adalah sebuah kabel yang menghubungkan perangkat komunikasi satu dan yang lainnya. Jadi, tugasnya adalah mengatur rute koneksi antar perangkat yang tertaut. Umumnya, kabel ini dipoles dengan warna kuning, sedangkan konektornya dipoles dengan warna biru.

Aktivitas ini bisa dicoba untuk mengatasi wifi LOS merah. Selain mencabut kabelnya, kamu juga bisa memeriksa lebih detail, apakah ada kabel yang rusak, cacat, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kerusakan komponen wifi bisa terdeteksi dini.

9.     Hubungi Teknisi

Ketika semua cara sudah dilakukan dan tidak ada yang berhasil, kamu bisa meminta bantuan ahli, menghubungi customer service sesuai dengan layanan masing-masing, hingga teknisi andal yang ada disekitarmu. Nantinya, mereka akan mendengar keluhanmu terlebih dahulu.

Kemudian memeriksa dan memperbaikinya jika ada kerusakan. Jika menggunakan teknisi dari luar layanan, mungkin akan dikenakan biaya tarif perbaikan lebih mahal daripada menggunakan jasa teknisi layanan terkait.

Cara mengatasi wifi LOS merah bisa dilakukan dengan menunggu beberapa menit, cek redaman kabel, memeriksa semua kabel yang ada, mencabut kabel, cek IP Address, memulai ulang router, mengembalikan pengaturan default, melepas sambungan patch cord, hingga menghubungi teknisi.

Baca Juga :

error: