WL Adalah? Fungsi, dan Cara Menambahkan Produk ke Wishlist

Electronicsolution.id – Perkembangan teknologi digital tidak hanya memberikan sejumlah kemudahan dalam mengakses apapun. Namun juga memberikan dampak positif terhadap bahasa dengan semakin banyaknya kosakata-kosakata baru. Seperti halnya WL. WL adalah daftar produk yang disukai oleh pengguna.

Bagi kamu yang belum pernah mendengar singkatan WL, ini merupakan kepanjangan dari wishlist. Tentu istilah tersebut pasti lebih familiar di telinga. Sebab wishlist juga termasuk dalam salah satu fitur yang selalu ada di dalam situs belanja daring.

Umumnya dalam situs belanja daring, ikon wishlist dirupakan dengan bentuk hati. Sesuai dengan konsep dan tujuan dari pembuatan fitur tersebut. Dengan adanya fitur itu, tentu pengguna sangat terbantu. Sebab mereka bisa langsung menyimpan barang favorit yang jadi incaran.

WL Adalah?

Sebelum membahasnya lebih jauh, mari berkenalan lebih dalam lagi dengan WL. WL adalah tempat di mana pengguna bisa menampung barang-barang yang disukai, barang incaran, dan barang-barang yang akan dibeli tanpa harus membelinya hari itu juga.

Tidak ada batasan atau kapasitas tertentu berapa jumlah barang yang disimpan dalam wishlist, sehingga pengguna bisa menyimpan banyak produk di dalamnya. Pun jika menyimpan produk dalam wishlist, kamu juga tidak akan ketinggalan update seputar produk tersebut.

Seperti halnya, ketika kamu memasukkan suatu produk ke dalam wishlist hari ini. Namun baru akan akan dibeli sebulan kemudian. Maka apabila produk tersebut habis sebelum sempat dibeli, akan ada informasi berupa tulisan yang menerangkan bahwa barang tersebut habis.

Pun apabila produk tersebut ditambah kuotanya maupun diperbarui. Melalui fitur tersebut, kamu tidak hanya bisa menambah produk saja, tetapi juga bisa menghapus, memfilter, mengurutkan, hingga mengubah tampilan produk-produk yang ada dalam wishlist tersebut.

Fungsi WL dalam Situs Belanja Daring

Setiap fitur yang dipasang dalam aplikasi atau situs belanja daring, tentu memiliki fungsinya masing-masing. Tujuan utamanya pasti menyasar pengguna, agar lebih nyaman dalam mengoperasikan dan menggunakan aplikasi yang mereka miliki.

1. Mengingat Produk Favorit

Fungsi utama wishlist adalah membantu pengguna mengingat produk-produk favorit dan yang disukai. Mengingat ada ribuan produk yang dipasarkan dalam setiap situs belanja daring. Jadi, dengan adanya fitur wishlist ini, akan sangat memudahkanmu dalam menemukan produk itu kembali.

Jadi, tidak perlu lagi mengetikkan kata kunci. Kemudian mencarinya dan tenggelam dalam ratusan hasil pencarian yang disediakan oleh situs belanja daring tersebut. Melainkan, hanya perlu membuka profil dan menuju ke menu wishlist.

2. Membandingkan Produk

Selain itu, dengan memasukkan beberapa produk sejenis ke dalam wishlist, aktivitas tersebut tentu memudahkan pengguna dalam membandingkan produk. Sebab ada banyak penjual yang menawarkan produk sejenis dengan harga dan spesifikasi yang variatif.

Fitur wishlist yang dibuat dengan tampilan kotak-kotak, akan memudahkan setiap pengguna dalam membandingkan harga, kualitas, dan lokasi penjual yang telah dipilih. Tentu hal ini juga akan memangkas waktu dalam memilah dan memilih produk incaran.

3. Memberitahukan Diskon dan Penawaran

Beberapa fitur wishlist yang ada di sejumlah situs belanja daring, tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menyimpan, menghapus, dan membagikan produk-produk yang telah ditandai. Namun beberapa situs belanja daring juga akan menginformasikan diskon maupun penawaran.

Dengan begitu, pengguna bisa langsung membuka barang-barang yang menjadi incaran mereka. Apabila diskon atau penawaran yang ditawarkan cocok dengan apa yang mereka mau, mereka bisa langsung memasukkannya ke keranjang dan melakukan pembayaran.

4. Mengatur dan Merealisasikan Pembelian

Pun setiap orang pasti juga memiliki batasan atau jumlah produk yang akan dibeli dalam seminggu atau sebulan sesuai dengan kondisi sesuai kebutuhan masing-masing. Adanya fitur wishlist dalam sejumlah situs belanja daring ini, bakal sangat membantu untuk membuat sistem seperti itu.

Mengatur barang-barang yang akan di beli di akhir bulan, lalu merealisasikan pembelian di awal bulan. Jadi, ketika sampai di akhir bulan, tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari barang mana yang cocok dan dibutuhkan. Sebab sudah semua daftarnya sudah tersimpan.

5. Berbagi dengan Pengguna Lain

Fitur ini pun memungkinkan pengguna untuk berbagi produk atau merekomendasikan produk kepada temanmu secara langsung dengan membagikan tautannya. Kompatibel untuk dibagikan melalui WhatsApp, Instagram, SMS, Twitter, dan lain sebagainya.

Jika tidak ingin membagikannya secara langsung, salin tautan produk terlebih dahulu. Lalu buka salah satu aplikasi tujuan untuk membagikan link dan tempel pada tempat yang diinginkan. Kombinasikan dengan desain-desain apik kekinian untuk menarik minat viewers.

Cara Menambahkan, Menghapus, Memfilter, Mengurutkan, Mengubah, dan Membagikan Tampilan Produk di Wishlist

Bagi kamu yang belum pernah mengoperasikan fitur WL, jangan risau. Sebab, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Pun cara-cara tersebut terdiri dari langkah-langkah mudah. Bisa dipraktikkan secara langsung.

1. Menambahkan Produk

Untuk menambahkan produk ke wishlist, caranya cukup mudah. Buka produknya terlebih dahulu. Pada halaman produk tersebut, nantinya akan ada banyak sekali fitur yang tersedia. Salah satunya adalah fitur wishlist dengan ikon hati. Lalu, klik ikon tersebut.

Setiap produk yang ditambahkan ke dalam wishlist, otomatis akan menempati urutan pertama atau akan ada di bagian paling atas. Sebaliknya, produk-produk yang sudah dimasukkan ke dalam wishlist lebih dulu, berada di urutan bawah atau akhir.

  • Buka situs belanja daring terinstall
  • Buka salah satu produk yang jadi incaran
  • Klik bentuk hati yang ada di bawah produk. Pastikan bentuk tersebut memiliki warna setelah diklik

2. Menghapus Produk

Untuk menghapus produk, caranya juga tidak berbeda jauh. Tinggal buka menu profil. Kemudian menuju ke menu wishlist. Nantinya, dalam halaman tersebut akan tersaji berbagai produk favorit yang sudah disimpan. Tinggal buka produk dan pencet ikon hati untuk mengeluarkannya.

  • Buka situs belanja daring terinstall
  • Buka menu ‘profil
  • Buka ‘favorit’ atau ‘wishlist
  • Buka produk yang ingin dihapus
  • Klik bentuk hati yang ada di bawah produk. Pastikan bentuk tersebut warnanya hilang.

3. Memfilter Produk

Filter kategori juga termasuk dalam salah satu fitur yang ada di dalam wishlist. Fitur ini, bisa bantu untuk menemukan produk-produk yang pernah tersimpan dengan lebih cepat. Sebab pengguna bisa memfilternya berdasarkan lokasi, rate harga, kategori, dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur ini, tentu hal ini memberikan banyak kemudahan untuk pengguna. Terutama bagi kamu yang memiliki wishlist produk dalam jumlah banyak dan kategori yang bervariasi. Pun selain itu, ini juga akan sangat membantu ketika ingin membandingkan produk.

  • Buka situs belanja daring terinstall
  • Buka menu ‘profil
  • Buka ‘favorit’ atau ‘wishlist
  • Klik ikon filter di bagian atas
  • Filter produk di wishlist

4. Mengubah Tampilan Wishlist

Beberapa aplikasi atau situs belanja daring juga memiliki tampilan wishlist yang berbeda-beda. Memungkinkan pengguna bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan mereka. Selain menyegarkan suasana belanja daring, hal ini juga pasti memberikan sejumlah manfaat lain bagi pengguna.

  • Buka situs belanja daring terinstall
  • Buka menu ‘profil
  • Buka ‘favorit’ atau ‘wishlist
  • Klik ikon tampilan (bentuk kotak) untuk mengubahnya

5. Membagikan Wishlist

Fitur lain yang ada dalam wishlist dan patut dicoba adalah fitur bagi wishlist. Kamu bisa membagikan produk-produk yang kamu miliki kepada orang-orang yang ada di kontakmu melalui berbagai media sosial yang ada.

Bahkan, fitur berbagi ini tidak hanya dimanfaatkan pengguna untuk sekedar sharing saja. Namun beberapa pengguna terkadang menjadikannya sebagai konten media sosial. Mengingat beberapa konten dengan jenis seperti itu banyak disukai oleh pengguna media sosial.

  • Buka situs belanja daring terinstall
  • Buka menu ‘profil
  • Buka ‘favorit’ atau ‘wishlist
  • Buka produk yang ingin dibagikan
  • Klik ikon panah
  • Pilih salah satu media untuk membagikan
  • Bagikan produkmu

WL adalah singkatan dari wishlist. Ini merupakan salah satu fitur yang yang tersedia dalam situs belanja daring. Memungkinkan pengguna bisa memasukkan produk favorit, menghapus, memfilter, mengubah tampilan, hingga berbagi dengan teman-teman di media sosialmu.

Baca Juga :

error: